Senin, 26 Februari 2018

Perbedaan Bahan Laminasi Doff Dan Glossy



Laminasi menurut KBBI adalah pelapisan pada lempeng tipis pada kedua sisinya. Dalam pembuatan undangan, laminasi adalah teknik melapisi kertas dengan bahan tertentu untuk menghasilkan corak yang ekslusif. Tidak semua jenis kertas bisa dilaminasi.

Pada umumnya jenis kertas dengan permukaan yang licin yang dapat dilaminasi. Contohnya seperti Kertas Ivory, ArtPaper, Mattpaper dan kertas sejenis yang memiliki permukaan yang licin. Bahan untuk laminasi terbagi dalam 2 jenis, yaitu laminasi glossy dan laminasi doff. Keduanya memiliki tekstur yang berbeda serta memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.



Bahan Laminasi Glossy
Laminasi glossy merupakan sebuah laminasi yang memiliki karakter mengkilap sehingga jika menggunakan laminasi ini maka kertas yang sudah dilaminasi tersebut akan terlihat lebih mengkilap. Bahan laminasi glossy sering digunakan untuk pembuatan kartu nama, undangan, brosur, dan percetakan foto. 

Laminasi glossy memiliki beberapa kelebihan yaitu warna pada hasil cetakan akan semakin muncul dan tampak pekat, hal ini dikarenakan laminasi glossy memiliki keistimewaan dalam menyerap warna pada tinta. Bahan glossy membuat tekstur kertas menjadi licin, mengkilap dan tampak mewah serta tahan terhadap goresan maupun gesekan. 

Kertas pun menjadi lebih tahan lama terhadap sinar UV dan air. Dianjurkan untuk me-laminating pada 2 sisi karena apabila hanya 1 sisi maka kertas akan melengkung. Jangan langsung memegangnya karena laminasi glossy sangat rentan terhadap jari tangan. Anda bisa memegangnya setelah membiarkan beberapa menit atau memakai sarung tangan. Bahan glossy dijual dengan harga yang murah dan bersahabat.


Bahan Laminasi Doff
Berbeda dengan laminasi glossy, hasil cetakan laminasi doff terlihat biasa, tidak memiliki kilauan dan memliki tekstur yang kasar. Pemakaian laminasi doff bertujuan untuk melakukan perlindungan pada hasil printer inject sehingga hasil gambar yang didapatkan lebih tahan lama.

Kesan yang timbul dari laminasi doff adalah kesan sederhana namun elegant. Ada baiknya jika akan menggunakan laminasi doff anda menambahkan beberapa desain tambahan dan fullcolor agar hasil cetak dengan laminasi doff  dapat lebih menarik. Laminasi doff bisa dipegang sesering mungkin karena tidak ada pengaruh adanya sidik jari di atas laminasi. 

Laminasi ini juga bisa dipakai untuk pembuatan kartu nama dan undangan pernikahan. Meski laminasi doff tidak semewah laminasi glossy tetapi  hasil cetakannya sangat bagus. Bila anda menggunakan laminasi doff untuk mencetak kartu nama maka kartu tersebut nampak terlihat lebih eklusif dan bagus. Itulah keistimewaan laminasi doff walau sederhana tetapi tetap menghasilkan cetakan yang berkualitas. Untuk harga, laminasi doff lebih mahal dibandingkan dengan laminasi glossy.


Kita sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari bahan laminasi doff dan glossy. Nah, jika saat ini anda bingung dengan bahan laminasi mana yang akan digunakan, berikut beberapa anjuran penggunaan untuk laminasi glossy dan doff:
  • Laminasi glossy lebih baik pada 2 sisi kertas sehingga tidak melengkung dan memberikan efek pekat pada tinta.
  • Laminasi doff cocok untuk amplop, undangan, foto dan kertas lain sehingga memberikan efek kasar dan tahan goresan serta tidak memantulkan cahaya.
  • Laminasi glossy mudah ditekuk, laminasi doff ketika ditekuk akan pecah sehingga tidak dianjurkan untuk cover buku.
  • Laminasi glossy dan laminasi doff jika dilapisi 2 sisi tidak bisa ditempel dengan lem kertas biasa, jika anda ingin menempelkannya dengan lem anda dianjurkan untuk melapisinya 1 sisi saja.


Sekian ulasan mengenai perbedaan bahan laminasi glossy dan doff. Pilihlah bahan laminasi yang sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga bermanfaat :D



*Untuk info tentang mesin digital bisa hubungi kami via WA:087851691057 dan email:bengkel.print@yahoo.com


Printer DTG Lokal VS Printer DTG Impor

Printer DTG Lokal VS Printer DTG Impor Printer DTG adalah inovasi baru dalam dunia printing yang dapat mencetak gambar secara sat...